KELAYAKAN EKONOMI DAN PEMASARAN PRODUK OLAHAN BUAH PADA UMKM DI KECAMATAN BELOPA, KABUPATEN LUWU

Fitra Nisa, Iskandar Hasan, Rismaladewi Maskar

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan ekonomi dan strategi pemasaran pada UMKM pengolahan buah di Kecamatan Belopa, Kabupaten Luwu. Objek penelitian adalah usaha Shezan Dumdum yang memproduksi sop buah mix, smoothie dan salad buah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Metode analisis meliputi analisis pendapatan, analisis titik impas (BEP), kelayakan usaha (R/C Ratio), serta deskripsi bauran pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha Shezan Dumdum memiliki jenis produk yaitu sop buah mix, smoothie, dan salad buah, prose produksi yang dilakukan melalui tahapan meliputi penyediaan bahan baku, pencucian, pengupasan, pemotongan, dan proses lainnya sesuai standar pengolahan. Jumlah produksi dari setiap produk olahan buah yaitu sop buah mix dengan ukuran 26 oz (Cup L) sebanyak 450 cup, smoothie dengan ukuran 16 oz (Cup R) sebanyak 450 cup dan salad buah 750 (unit) dengan ukuran 400 ml dan 200 ml. Usaha Shezan Dumdum layak secara ekonomi dengan nilai R/C Ratio sebesar 1,57. BEP unit menunjukkan bahwa salad buah 400 ml memiliki nilai impas terendah yaitu 110 unit, sedangkan sop buah mix memiliki nilai impas tertinggi yaitu 263 unit. Pendapatan usaha per bulan mencapai Rp12.518.000. strategi bauran pemasaran melalui variasi produk, penetapan harga yang sesuai, lokasi usaha yang strategis, serta promosi aktif menggunakan media sosial seperti WhatsApp, Instagram, dan Drivi. Strategi ini efektif dalam meningkatkan penjualan dan menjangkau konsumen secara langsung


Keywords


UMKM, Kelayakan Usaha, Produk Olahan Buah, Pemasaran, R/C Ratio.

Full Text:

PDF

References


Alda, N. R. (2018). Manajemen Pemasaran: Strategi Distribusi dan Penempatan Produk. Jakarta: Rajawali Pers.

Alfarizi, M. (2023). Kinerja Berkelanjutan UMKM Kuliner Indonesia dalam Praktik Standar Halal: Investigasi Kapabilitas Internal-Tekanan Eksternal Bisnis. Journal Of Finance Business and Economy, 1(1), 21-55.

Anindya, P. A. N. (2024). Peningkatan Inovasi Dalam Pengolahan Buah. Jurnal Pusat Penelitian Ilmu Manajemen dan Bisnis, 2(1), 56-57.

Assauri, W. (2022). Manajemen Pemasaran. Raja Grafindo Persada: Yogyakarta

Asti, A., Priyarsono, D.S., & Sahara. (2021). Analisis biaya dan manfaat program pembangunan food estate dalam perspektif perencanaan wilayah: studi kasus provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Agribisnis Indonesia. Jurnal Agribisnis Indonesia, 4(2), 279-290.

Barkah, F. M. (2020). Klasifikasi Rasa Buah Jeruk Pontianak Berdasarkan Warna Kulit Buah Jeruk Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor. Jurnal Komputer dan Aplikasi 2(3), 145-160.

Beddu, F. A., & Malik, A. A. (2021). Feasibility Analysis Of Swallows Nest In The District Maritengngae Regency Sidenreng Rappang. Jurnal Ilmuh Ecosystem, 19(2), 187-194.

Chatarine. (2023). Strategi Pengembangan Bisnis Buah Semangka Pada Cv Salim Abadi, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung. Ipb University.

Chici. (2023). Strategi Pemasaran UMKM Kuliner dalam Meningkatkan Daya Saing. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 12(3), 245-259.

Christian, A., & Dharmayanti, D. (2013). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty the Light Cup di Surabaya Town Square. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(2), 1–13.

Cora, R. C. (2014). Strategi Pengembangan Usaha Penyulingan Minyak Cengkeh (Clove Oil) Di Kabupaten Luwu. Skripsi. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Fadilla, M., Nurmawati, E., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2022). Analisis Sumber Daya Usaha Mikro di Sektor Makanan dan Minuman. Jurnal Manajemen UMKM, 5(2), 134-140.

Fahrian, D. (2020). Analisis Perilaku Biaya Dan Pengaruhnya Terhadap Profitabilitas Perusahaan Developer (Studi Kasus Perusahaan Developer di Sidoarjo). Greenomika, 2(1), 145-168

Galib, M. (2018). Manajemen Pemasaran: Teori dan Praktik dalam Dunia Usaha. Yogyakarta: Deepublish.

Gozali, L. E. (2022). Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi dalam Bisnis Modern. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Hidayat, L. (2021). Analisis biaya produksi sebagai upaya untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2), 159-168

Hidayatullah, M. (2022). Kelayakan Usaha dan Pengambilan Keputusan Ekonomi. Surabaya: Penerbit Mandala.

Kirana, Yunus, S., Tallesang, M., Tuty, M.F., & Yunus, R. (2024). Analisis Pendapatan dan Kelayakan Usaha Salad Buah pada MF Dessert. Journal of Management & Business, 3(3), 465-476.

Komarayanti, S. (2020). Ensiklopedia Buah-buahan Lokal Berbasis Potensi Alam Jember. Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi. Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 167-182.

Kotler dan Armstrong. (2020). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Ed ke-12. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Kotler, P. (2022). Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2. Jakarta: PT Prenhal lindo.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2020). Manajemen Pemasaran (Edisi ke-15). Jakarta: Erlangga

Kusumaningrum. (2020). Peran Sektor Pertanian dalam Perekonomian Indonesia. Jurnal Pertanian Berkelanjutan, 8(1), 55-63.

Lambajang, A. A. (2021). Analisis Perhitungan Biaya Produksi Menggunakan Metode Variabel Costing PT. Tropica Cocoprima. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akutansi. 1(3), 120-126.

Lisa. (2021). Pengaruh penambahan serat nangka terhadap karakteristik lempengan buah mangga (fruit leather). Jurnal Teknologi dan Industri Pertanian Indonesia, 10(1), 37-39.

Nathania, R. (2024). Tren Konsumsi Produk Olahan Buah di Kalangan Masyarakat Urban. Jurnal Teknologi Pangan dan Gizi, 12(1), 45–53.

Nurhasanah, S., & Prasetyo, R. D. (2021). Inovasi Produk Olahan Buah Mangga sebagai Upaya Peningkatan Nilai Tambah. Jurnal Pangan dan Agroindustri, 9(3), 250–258.

Mar’atus. (2021). Study Literature Formulation and Physical Evaluation Cream of Avocado Plants Extract (Persea americana). Pharmacy Journal, 1(2), 156-175.

Maruta, H. (2021). Analisis mengenai Break Even Point (BEP) sebagai alat dasar dalam perencanaan laba untuk keperluan manajemen. Jurnal Akuntansi Syariah, 2(2), 1-20.

Mimi, H., Tuty, A., Rini, & Irfan Suliansyah. (2023). kualitas warna pada buah naga (Hylocereus) dengan menggunakan metode ekstraksi Microwave-Assisted Extraction (MAE). Jurnal Teknologi Pertanian Andala, 2(1), 104-110.

Mulyadi. (2020). Akuntansi Biaya (Edisi Revisi). Jakarta: Salemba Empat.

Nada, Q. I. (2022). Analisis Kelayakan Ekonomi dan Risiko Pendapatan Usaha Peternakan Itik Petelur di Desa Kebonsari Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 24(1), 25-26.

Novidahlia, N., Pratiwi, P., G., & Aminullah. (2021). Karakteristik Red smoothies dari Buah Pisang Ambon dan Naga Merah dengan Penambahan CMC (Carboxymethyl Cellulose). Jurnal Agroindustri Halal, 4(2), 244-255.

Panambunan, G., Manoppo, W., & Tumbelaka, L. A. (2021). Inovasi Produk Minuman Segar Berbasis Buah Lokal sebagai Upaya Diversifikasi Pangan. Jurnal Teknologi Pertanian Tropis, 9(1), 45–52.

Purbasari, D. (2020). Diversifikasi Produk Pangan Olahan Berbasis Buah Lokal Sebagai Sarana Untuk Menginisiasi Ide Bisnis Warga DiDesa Mundurejo Jawa Timur. Jurnal Masyarakat Mandiri, 4(5), 78-79.

Rahmawat, D. (2021). Analisis Studi Kelayakan Pada Usaha Sup Buah. Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis, 26(2)150-161.

Rakhmawat, I., Mukarromah, F., R., & Musfiatul, R., E. (2021). Mewujudkan Keunggulan Kompetitif Berbasis Gusjigang Melalui Pengembangan Sentra Bisnis Budaya. Journal Of Islamic Economics and Finance, 1(2), 20-40.

Riyono, B. (2016). Strategi Pemasaran: Teori dan Aplikasi dalam Bisnis. Yogyakarta: Deepublish

Rukmana, R. (2021). Budi Daya Nangka. Yogyakarta: Kanisius Press.

Rumapea, N., Agnes E. Loho, Lyndon RJ Pangemanan. (2023). Profil usaha Sop Buah Ica yang berlokasi di Boulevard Manado. Journal of Management & Business, 3(2), 455-466.

Sanjaya, B., Ginting, R., Effendi, I. (2021). Identifikasi potensi pengembangan serta kelayakan usaha pada komoditas buah-buahan unggulan dalam agribisnis di Kota Binjai. Hasil Jurnal Ilmiah Magister Agribisnis, 1(2), 109-118.

Sanjaya, C. B., & Rosadi, M. I. (2019). Klasifikasi buah mangga berdasarkan tingkat kematangan dengan menggunakan metode Least-Squares Support Vector Machine. Jurnal EXPLORE IT, 10(2), 135-145

Setiawan, S.E.,M.M.,Ak.,CA. & Kurniasih, S.Ak. (2022). Pengaruh Biaya Bahan Baku Dan Biaya Tenaga Kerja Terhadap Laba Bersih Pada Pt. Satwa Prima Utama. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 11(1), 55-64

Setiyani, R., Lestari, D. R., & Sydiq, N. R. (2022). Persepsi dan Minat Masyarakat Terhadap Konsumsi Salad Buah. Jurnal Agroindustri Halal, 5(2), 238-247.

Suci, R. P. (2018). Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi Strategi Pemasaran dalam Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.

Suryani, L., & Wibowo, H. (2020). Potensi Buah Jeruk sebagai Sumber Nutrisi dan Nilai Ekonomis di Indonesia. Jurnal Hortikultura Tropika, 5(2), 112–120.

Susanti, Y., Rochdiani, D., & Isyanto, A. Y. (2021). Analisis Biaya Pendapatan Dan R/C Pada Agroindustri Sale Pisang Ambon (Studi Kasus Pada Perusahaan Sale Pisang Ambon di Desa Pakemitan 1 Kecamatan Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya). Jurnal IlmiahMahasiswa Agroinfo Galuh, 6(2), 416-421.

Tantia, M. D. (2018). Penerapan Akuntansi Aktiva Tetap Menurut Psak No. 16 Pada Pt Perkebunan Nusantara III (Persero) Medan. Skripsi. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Toruan & Lumban, W. J. (2022). Prersepsi konsumen terhadap keputusan pembelian salad buah melalui platform e-commerce, dengan studi kasus pada Nayo Salad di Kelurahan Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area, Kota Medan. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 50-60.

Yosiko, H. Panambuan, Agnes E. Loho, & Everson Ruauw. (2021). Strategi pengembangan agroindustri yang menggunakan bahan baku buah segar, dengan fokus pada studi kasus Sop Buah Ica di Manado. Jurnal Agri-Sosio Ekonomi Unsrat, 12(3), 110-115.

Zamzam, A. (2022). Inovasi Pengolahan Buah Nanas Sebagai Optimalisasi Potensi Lokal. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 295-203.




DOI: https://doi.org/10.33096/agricentra.v1i2.786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Fitra Nisa

ISSN: 3090-9384 Published by: Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian dan Bioremediasi Lahan Tambang, Universitas Muslim Indonesia, Website: fp.umi.ac.idOfficial Website: umi.ac.idEmail: agricentra.fp@umi.ac.id

Editorial Address: Faculty of Agriculture and Mine Land Bioremediation, Universitas Muslim Indonesia Jl. Urip Sumoharjo No. km.5, Panaikang, Panakkukang District, Makassar City, South Sulawesi 90231, Indonesia

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0