Pengaruh Promosi, Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Toko Fresh Flowers By Khansa

Nurul Rizky Hasanuddin, Nuraeni Nuraeni, Rismaladewi Maskar

Abstract


Buket bunga adalah salah satu bentuk seni yang menggambarkan kreatifitas atau mengekspresikan emosi manusia yang tidak dapat diungkap dengan kata-kata. Selain itu, bunga juga dapat menyegarkan jiwa dan pikiran bagi perangkai maupun penikmatnya. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengidentifikasi karakteristik konsumen pada Toko Fresh Flowers By Khansa, (2) Mengidentifikasi jenis bunga yang di jual pada Toko Fresh Flowers By Khansa, (3) Menganalisis kepuasan konsumen pada Toko Fresh Flowers By Khansa, (4) Menganalisis pengaruh promosi, persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Toko Fresh Flowers By Khansa (5) Menganalisis promosi yang dilakukan pada Toko Fresh Flowers By Khansa, (6) Menganalisis persepsi konsumen terhadap harga pada Toko Fresh Flowers By Khansa, (7) Menganalisis kualitas pelayanan pada Toko Fresh Flowers By Khansa. Penentuan sampel menggunakan Rumus Lemeshow dengan jumlah sampel 67 responden. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis uji instrument, analisis uji varians dan analisis regresi linear berganda. Mayoritas konsumen Flowers by Khansa adalah perempuan berpendidikan SMA dengan pendapatan di bawah Rp 1.000.000 dan rata-rata membeli dua kali. Toko menjual enam jenis bunga dengan harga Rp 6.000–12.000 per tangkai. Promosi masih kurang optimal, sementara persepsi harga dinilai terjangkau, sesuai kualitas, dan bersaing. Kualitas pelayanan mendapat penilaian positif meski keandalan perlu ditingkatkan. Secara simultan, promosi, persepsi harga, dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan R² 80,8%, di mana persepsi harga berpengaruh paling besar.

Keywords


Fresh Flowers; Promosi; Persepsi Harga; Kualitas Pelayanan; Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Industri, H., & Di, T. (2025). Product quality and price perception as determinants of customer loyalty through customer satisfaction at the tofu home industry in sukoharjo. 8.

Ismet, J., Bakkareng, B., & Hosra Afrizoni. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan Costumer Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Gunung Pangilun. Ekasakti Matua Jurnal Manajemen, 2(1), 35–45. https://doi.org/10.31933/emjm.v2i1.1014

Julius, K., Kurniawan, M., Robyardi, E., & Iswan, J. (2023). Analisis Keterjangkauan Harga, Kesesuaian Harga Dan Daya Saing Harga Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Pada Toko Kopel Bulog Divre Sumsel Palembang. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 20(3), 474–484. https://doi.org/10.31851/jmwe.v20i3.13443

Mintawati, H., Pradesa, K., Nurul Alkarimah, Maharani, T., & Karisma, N. (2023). Strategi Metode Pelayanan Konsumen Terhadap Kinerja Perusahaan Melalui Responsif Dan Empati Pramuniaga Alfamart Palabuhan Ratu Sukabumi. Jurnal Ilmiah IPS Dan Humaniora (JIIH), 1(1), 34–41. https://doi.org/10.61116/jiih.v1i1.39

Mukhlisin, M. Z., & Yuana, P. (2023). Pengaruh Ikatan Emosional Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 2(2), 485–493. https://doi.org/10.21776/jmppk.2023.02.2.22

Muniroh, T. U., & Althalets, F. (2024). Pengaruh Kepuasan Konsumen Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk MS Glow Di Kota Samarinda. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(5), 1139–1150. https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.11852

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. 32–42.

Wirakanda, G. G., Triputranto, B., & Sugiharto, N. A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Aplikasi Pos Aja. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(7), 7251–7255. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.4676

Zandi, pratama zain. (2021). Dampak Reliability Dan Responsiveness Terhadap kepuasan pelanggan di spbu gowa. Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM), 2(1), 8–19.




DOI: https://doi.org/10.33096/agricentra.v1i3.902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nurul Rizky Hasanuddin

ISSN: 3090-9384 Published by: Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian dan Bioremediasi Lahan Tambang, Universitas Muslim Indonesia, Website: fp.umi.ac.idOfficial Website: umi.ac.idEmail: agricentra.fp@umi.ac.id

Editorial Address: Faculty of Agriculture and Mine Land Bioremediation, Universitas Muslim Indonesia Jl. Urip Sumoharjo No. km.5, Panaikang, Panakkukang District, Makassar City, South Sulawesi 90231, Indonesia

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0