PENGARUH LABELISASI HALAL, KUALITAS PRODUK DAN VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI KEMBALI (REBUYING) PRODUK MIE GACOAN

Raihanah Urkanto, Siti Sabahannur, Ida Rosada

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh labelisasi halal, kualitas produk, dan viral marketing terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian ulang (rebuying) pada produk Mie Gacoan. Mie Gacoan merupakan salah satu kuliner yang populer di kalangan mahasiswa karena menawarkan cita rasa pedas yang khas, harga terjangkau, serta kehadirannya yang kuat di media sosial. Namun demikian, persaingan pasar yang ketat menuntut pemilik usaha untuk memahami faktor-faktor yang mendorong loyalitas konsumen, khususnya dalam konteks pembelian ulang agar keberlangsungan usaha dapat terjaga dalam jangka panjang. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa Fakultas Pertanian dan Bioremediasi Lahan Tambang Universitas Muslim Indonesia sebagai representasi konsumen muda yang kritis, religius, serta aktif secara digital dalam menilai produk makanan yang mereka konsumsi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda, didukung dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel independen, yaitu labelisasi halal, kualitas produk, dan viral marketing secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli kembali, dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 (< 0,05). Secara parsial, masing-masing variabel juga menunjukkan pengaruh signifikan: labelisasi halal (p = 0,018), kualitas produk (p = 0,028), dan viral marketing (p = 0,015). Hasil ini menegaskan pentingnya ketiga faktor tersebut dalam meningkatkan loyalitas konsumen dan menjadi dasar dalam perumusan strategi pemasaran yang efektif dan berkelanjutan bagi pelaku usaha kuliner.


Keywords


Labelisasi Halal, Kualitas Produk, Viral Marketing, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Andari, D. S., & Mathori, M. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang mie gacoan Yogyakarta dengan kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia STIE Widya Wiwaha, 3 (2), 468-489.

Andrian, M. F., Lilik, I., & Muhammad, Y. (2024). Analisis kualitas produk, variasi produk, dan suasana toko terhadap minat beli ulang pada konsumen mie gacoan Krian Sidoarjo. Journal of Economic, Business and Accounting, 7(3), 4621- 4638. https://doi.org/10.31539/costing.v7i3.8996

As’ad, M. S. (2020). Analisis pengaruh viral marketing, dan brand awareness terhadap proses keputusan pembelian konsumen (Studi Kasus pada Ngikan Tebet) [Skripsi]. Prodi Manajemen, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatulah.

Avif, A. A. (2023). Analisis pengaruh cita rasa, variasi produk, dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang di mie gacoan cabang Kartasura [Skripsi]. Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Cakra, P., & Nova, A. (2023). Pengaruh persepsi harga, cita rasa, gaya hidup, viral marketing, kemasan dan labelisasi halal terhadap keputusan pembelian produk makanan instan Mujigae. Jurnal Ilmu Sosial, 1 (3), 60-76.

Candrianto. (2021). Kepuasan pelanggan suatu pengantar. Literasi Nusantara Press.

Cesaria, M. B., & Syarifuddin, L. (2022). Pengaruh design interior dan kualitas pelayanan terhadap minat pengunjung hotel Sotis Kemang. Open Journal Systems, 17 (5), 799.

Chi Fuk. (2022). Pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap kepuasan konsumen pada PT Sarang Mas Sejahtera [Skripsi]. Program Studi Manajemen, Universitas Putera Batam.

Denisa. (2023). Pengaruh labelisasi halal, kualitas produk dan harga terhadap minat beli kembali (rebuying) konsumen mie gacoan pada produk mie gacoan [Skripsi]. Program Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Devi, N. H., Ningsih, W. A., & Hidayat, S. (2025). Preferensi mahasiswa terhadap daya tarik mie gacoan dalam perspektif masyarakat. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(1), 82-96. https://doi.org/10.58192/profit.v4i1.2961

Djuli, S., Wico, T., Mahaitin, S., & Vitryani. (2021). Pelatihan penggunaan software SPSS dalam pengolahan regresi linear berganda untuk mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun di masa pandemi COVID-19. Jurnal Karya Abdi, 5 (2), 205–207.

Ernawati, S., & Iwan, W. (2023). Pengaruh label halal dan kesadaran halal terhadap minat pembelian konsumen pada produk UMKM di Kota Bima. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 16 (1), 209.

Farisa, G., & Riofita, H. (2024). Pasar konsumen mie gacoan dan perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian mie gacoan. Jurnal Ekonomi Dinamis, 6 (4), 88- 95.

Fathoni, M. W. R., & Romdhoni, A. H. (2023). Analisis pengaruh labelisasi halal, harga dan rasa terhadap keputusan pembelian konsumen mie gacoan cabang Gumpang Sukoharjo. JIEIG: Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam dan General, 2 (2), 291–295.

Fauzia, Z. (2022). Pengaruh viral marketing dan online customer review terhadap minat beli konsumen pada media sosial TikTok (studi kasus pada mie gacoan) [Skripsi]. Program Studi Administrasi Bisnis Terapan, Politeknik Negeri Jakarta.

Ghozali, I. (2019). Aplikasi analisis dengan program SPSS. Universitas Diponegoro Press.

Google. (2024). Mie Gacoan-Telusuri Tren-Google Trend. Diakses 4 Desember 2024, dari https://trends.google.co.id/trends/explore?date=now%201-d&geo=ID SN&g=mie%20gacoan&hl=id

Habibah, S., Sugianto, & Muhammad, I. H. (2023). Pengaruh labelisasi halal, kualitas produk dan brand awareness terhadap pembelian produk makanan impor kemasan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 7 (2), 593.

Handayani, D., & Taufiq, M. (2022). Perilaku konsumsi mahasiswa UIN Bukittinggi dalam dunia digital ditinjau dari teori konsumsi Islam. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan, 2 (3), 119–130.

Handayani, P. P., & Wahyuningsih, T. H. (2022). Pengaruh pemasaran digital, citra produk dan perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian mie gacoan di

Yogyakarta pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Cakrawangsa Bisnis, 3 (2), 237–248.

Hariasih, M., & Yuniar, A. N. (2024). Decoding brand image, price, and location in determining noodle sales in Indonesia. Journal of Business Economics and Agribusiness, 1(3), 1-12. https://doi.org/10.47134/jbea.v2i3

Hendradewi, S., Swantari, A., & Suprina, R. (2014). Pengaruh kualitas produk terhadap minat beli melalui kepuasan konsumen pada mie gacoan di Pamulang, Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Jurnal Ekobis Dewantara, 7 (2), 902-912.

Herinama, A., & Yuli, S. (2024). Pengaruh viral marketing, experiential marketing, dan persepsi harga terhadap minat beli ulang produk Mixue Ice Cream & Tea pada Gen Z. Jurnal Manajemen USNI, 10 (1), 19-30.

Hidayat, R., & Devrina, R. (2019). Analisis pengaruh variasi produk dan labelisasi halal terhadap kepuasan konsumen untuk meningkatkan minat beli ulang pada kosmetik Wardah (studi pada konsumen kosmetik Wardah di Kota Batam). Journal of Business Administration, 3 (1), 40-52.

Iwan, Sopyan, & Purwatiningsih. (2024). Analisis harga, lokasi usaha dan kualitas produk terhadap minat membeli ulang mie gacoan (studi kasus di Kota Jakarta Barat). Jurnal Administrasi Bisnis, 4 (2), 42-49. https://doi.org/10.31294/jab.v4i2.5699

Kevin, K. (2016). Viral marketing: Pembunuh ataukah penunjang bagi pembentukan citra positif partai politik. Jurnal Manajemen, 1 (2), 2-3.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen pemasaran (Edisi ke-15). Pearson Prentice Hall.

Listantia, V., Siti, A. F., Hendri, S., Akbar, N., & Amelia, S. (2023). Analisis persepsi harga, cita rasa, kualitas layanan dan fasilitas terhadap keputusan pembelian ulang mie gacoan Tegal. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 3 (4), 414.

Maulana, D. A., Riono, S. B., Yulianto, A., & Syaifulloh, M. (2022). Pengaruh harga dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian konsumen (studi kasus Toko Ato Losari). Profesional Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1 (4), 1–11.

Mawaddah, Rahayu, D., Rahmasari, S., & Dutahatmaja, A. (2024). Faktor-faktor yang memengaruhi pembelian berulang: Produk, harga, promosi dan layanan

(literature review perilaku konsumen). Jurnal Manuhara: Pusat Penelitian Ilmu Manajemen dan Bisnis, 2 (3), 115–127.

Maryati, M & Khoiri, M. (2022). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan promosi terhadap keputusan pembelian toko online Time Universe Studio. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11 (1), 542–550.

Mulyani, T. (2019). Labelisasi halal terhadap perilaku konsumen dalam memilih produk makanan sesuai hukum Islam. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 3 (1), 72. https://doi.org/10.26618/j-hes.v3i1.2117.

Naelul. (2023). Pengaruh labelisasi halal, harga dan variasi produk terhadap minat beli ulang Mixue Purwokerto (studi kasus pelanggan generasi Z Mixue Purwokerto) [Skripsi]. Program Studi Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri (Uin) Prof. K.H. Saifuddinzuhri Purwokerto

Namora, I. (2019). Pengaruh rekrutmen dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Budi Raya Perkasa. Jurnal Manajemen, 5 (1), 73.

Nida, A. U., Syihabudin, & Najmudin. (2024). Pengaruh labelisasi halal, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap pembelian ulang produk makanan halal Lumpiabeef.Pdg di Kabupaten Pandeglang. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 9 (4), 2586–2610.

Novanti, E. (2024). Pengaruh inovasi produk, labelisasi halal dan digital marketing terhadap pengembangan usaha mikro kecil binaan Rumah BUMN Tasikmalaya [Skripsi]. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam, Universitas Siliwangi

Nuzulia, & Khasanah, R. (2023). Urgensi sertifikasi halal pada etika produksi. Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, 24 (1), 159– 177. https://doi.org/10.30595/islamadina.v24i1.10816

Padaniah, Y. N., & Haryono. (2021). Perspektif sosiologi ekonomi dalam pemutusan hubungan kerja karyawan perusahaan di masa pandemi COVID-19. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 3 (1), 5.

Permana, C., & Nova, A. (2023). Pengaruh persepsi harga, cita rasa, gaya hidup, viral marketing, kemasan dan labelisasi halal terhadap keputusan pembelian produk makanan instan Mujigae. Jurnal Ilmu Sosial, 1 (8), 60–76.

Prasetyo, F. H., & Anwar, M. K. (2021). Pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan pembelian produk air minum dalam kemasan (AMDK) pada masyarakat muslim Kabupaten Tulungagung. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam, 4 (1), 139–150.

Purbowo, Firmansyah, K. R., Azulfah, N., Hasan, S. R. A., & Masruroh, S. A. (2024). Keputusan pembelian konsumen mie gacoan di Jombang. Agrimics Journal, 1 (1), 33–43.

Putri, D. P. (2024). Perilaku konsumen di industri kuliner. PT Penerbit Indonesia.

Putri, P. A., Srikandi Kumadji, & Sunarti. (2016). Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan (survei pada pelanggan nasi rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 37 (1), 172.

Putri, S. D., Satria, C., & Setiawan, B. (2022). Pengaruh label halal dan harga terhadap keputusan konsumen (studi kasus Mini Market Mutiara Indah Talang Kelapa). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah (JIMESHA), 2 (1), 23- 38. https://doi.org/10.36908/jimesha.v2i1.102

Resti Yulistria, Rosento, Eka Putri, H., Isnurrini Hidayat, S., & Siti Aulia. (2023). Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada PT Mitra Bangun Perwira. Jurnal Swabumi, 11 (1), 15.

Rifatin, E. A., Yanida, S. N., Indiani, P., & Kustini, E. (2025). Strategi pemasaran pada produk mie gacoan di Indonesia. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4 (1), 457–462.

Rizki, M. N., & Santoso, E. B. (2022). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen mie gacoan Malang (studi pada mahasiswa Program Studi D4 Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Malang Angkatan 2018). Jurnal Aplikasi Bisnis, 8 (2), 260.

Sahrizal, A. M., Ridwan, B., & Nanik, W. (2019). Analisis pengaruh variasi produk, fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang konsumen mie gacoan (studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang Angkatan 2019). Jurnal Riset Manajemen, 12 (2), 1288.

Sari, R. D. (2023). Analisis persepsi dan preferensi konsumen pada kualitas, kemasan, varian rasa dan merek produk kerupuk Melarat di Desa Belendung Karawang. Journal on Education, 6 (1), 4543–4551.

Sari, F. M., Makhrian, A., & Buldani, K. (2019). Pengaruh label halal dan harga terhadap keputusan membeli produk kosmetik Wardah (studi pada mahasiswi

Prodi Manajemen Universitas Bengkulu). Profesional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 5 (1).

Sarmil, L., Achmad, L. I., Ainulyaqin, M. H., Sakum, & Mamun, S. (2024). Determinan minat beli ulang mie gacoan Bekasi dengan labelisasi halal sebagai variabel moderasi. Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5 (7), 3619.

Sakti, R. (2020). Pengaruh label halal terhadap keputusan masyarakat membeli produk makanan dan minuman (studi kasus Lingkungan VI Kelurahan Nangka Binjai Utara). Jurnal Ekonomi Islam, 5 (2), 360–361.

Saputra, R., & Lusia, A. (2023). Pengaruh brand loyalty, brand trust dan harga terhadap keputusan pembelian ulang paket data Tri di Solo Raya. Indonesian Journal of Strategic Management, 6 (2), 71–82.

Sigar, E. T., Massie, J. D. D., & Pandowo, M. H. C. (2021). The influence of consumer behavior and digital marketing on purchase decision at Grabfood in Manado. Jurnal EMBA, 9 (4).

Siregar, N. F. (2023). Pengaruh viral marketing dan halal awareness terhadap keputusan pembelian pada mie gacoan cabang Dr. Mansyur Medan [Skripsi].

Program Studi Manajemen, Universitas Medan Area.

Suci, F. W., & Alda, D. (2018). Analisis kualitas operasional produksi (survei terhadap PT Aerofood Indonesia). Jurnal Bisnis dan Pemasaran, 8 (2), 57.

Sudiarta, N. P. (2022). Kualitas mie basah dengan penambahan tepung ubi talas. Jurnal Gastronomi Indonesia, 10 (2).

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif dan R & D. Alfabeta.

Susanti, S., & Mashudi. (2022). Analisis pandangan masyarakat Bangkalan terhadap produk dengan label halal. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 6 (2), 152–155.

Takahindangen, W. C., Rotinsulu, D. C., & Tumilaar, R. L. H. (2021). Analisis perbedaan pengeluaran konsumsi pengemudi ojek online Grab sebelum dan sesudah menjadi pengemudi ojek online di Kota Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 21 (1), 37–46.

Unisa, S., Ramdhani, M. F. A., & Ali, M. (2024). Pengaruh labelisasi halal terhadap minat beli konsumen di Restoran Kampoeng Hayam Kota Serang. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3 (1), 19–31.

Widjaja, Restiani, Y., & Rahmat, F. D. J. (2017). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian di Rumah Makan Kampoeng Sawah Kabupaten Bandung. Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan, dan Akuntansi, 9 (1), 73–97.




DOI: https://doi.org/10.33096/agricentra.v1i2.785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Raihanah Urkanto, Raihanah Urkanto

ISSN: 3090-9384 Published by: Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian dan Bioremediasi Lahan Tambang, Universitas Muslim Indonesia, Website: fp.umi.ac.idOfficial Website: umi.ac.idEmail: agricentra.fp@umi.ac.id

Editorial Address: Faculty of Agriculture and Mine Land Bioremediation, Universitas Muslim Indonesia Jl. Urip Sumoharjo No. km.5, Panaikang, Panakkukang District, Makassar City, South Sulawesi 90231, Indonesia

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0